Topics
Ditulis Oleh: - Unknown
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Pengolahan Minyak Bumi, anda diperbolehkan menyebarkan artikel Cara Pengolahan Minyak Bumi jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

Cara Pengolahan Minyak Bumi

Posted by Unknown Saturday, June 1, 2013 0 comments

Cara Pengolahan Minyak Bumi

Cara Pengolahan Minyak Bumi


minyak bumi umumnya ada 3-4 km dibawah permukaan laut. minyak bumi didapatkan membuat sumur bor. minyak mentah yang didapatkan ditampung dalam kapal tanker atau dialirkan melewati pipa ke stasiun tangki atau ke kilang minyak. 
minyak mentah ( cude oil ) berupa cairan kental hitam serta berbau kurang enak. minyak mentah belum bisa dipakai sebagai bahan bakar ataupun untuk kepentingan yang lain, namun mesti diolah terlebih dulu. minyak mentah memiliki kandungan lebih kurang 500 type hidrokarbon dengan jumlah atom c-1 sampai 50. titik didih hidrokarbon meningkat bersamaan pertambahan jumlah atom c yang ada didalam molekulnya. oleh dikarenakan itu, pengolahan minyak bumi dikerjakan di mana minyak mentah harus  dipisahkan ke dalam grup-kelompok ( fraksi ) dengan titik didih yang serupa. 


  • Destilasi 
yaitu pembelahan fraksi-fraksi minyak bumi menurut perbedaan titik didihnya. dalam perihal ini yaitu destilasi fraksinasi. semula minyak mentah dipanaskan dalam aliran pipa dalam furnace ( tanur ) s/d suhu ± 370°c. minyak mentah yang telah dipanaskan tersebut lantas masuk kedalam kolom fraksinasi di bagian flash chamber ( umumnya ada pada sepertiga sisi bawah kolom fraksinasi ). untuk melindungi suhu serta tekanan dalam kolom maka dibantu pemanasan dengan steam ( uap air panas serta bertekanan tinggi ). menara destilasi 



minyak mentah yang menguap pada sistem destilasi ini naik ke sisi atas kolom serta setelah itu terkondensasi pada suhu yang berlainan. komponen yang titik didihnya lebih tinggi dapat terus berbentuk cairan serta turun ke bawah, namun yang titik didihnya lebih rendah dapat menguap serta naik ke sisi atas melewati sungkup-sungkup yang dimaksud sungkup gelembung. semakin ke atas, suhu yang ada dalam kolom fraksionasi tersebut semakin rendah, hingga setiap saat komponen dengan titik didih lebih tinggi dapat terpisah, namun komponen yang titik didihnya lebih rendah naik ke sisi yang lebih atas lagi. demikianlah setelah itu hingga komponen yang meraih puncak yaitu komponen yang pada suhu kamar berbentuk gas. komponen yang berbentuk gas ini dimaksud gas petroleum, lantas dicairkan serta dimaksud lpg ( liquified petroleum gas ). 
fraksi minyak mentah yang tidak menguap jadi residu. residu minyak bumi meliputi parafin, lilin, serta aspal. residu-residu ini mempunyai rantai karbon sebanyak kian lebih 20. fraksi minyak bumi yang dihasilkan menurut rentang titik didihnya diantaranya seperti berikut : 


gas rentang rantai karbon : c1 sampai c5 trayek didih : 0 sampai 50°c gasolin ( bensin ) rentang rantai karbon : c6 sampai c11 trayek didih : 50 sampai 85°c kerosin ( minyak tanah ) rentang rantai karbon : c12 sampai c20 trayek didih : 85 sampai 105°c
  • solar 
rentang rantai karbon : c21 sampai c30 trayek didih : 105 sampai 135°c 
  • minyak berat 
rentang ranai karbon : c31 sampai c40 trayek didih : 135 sampai 300°c
  • residu 
rentang rantai karbon : diatas c40 
trayek didih : diatas 300°c 
fraksi-fraksi minyak bumi dari sistem belum mempunyai kualitas yang sesuai dengan keperluan masyarakat, hingga butuh pengolahan selanjutnya yang meliputi sistem cracking, reforming, polimerisasi, i treating, serta blending. 


  • Cracking 
cracking yaitu penguraian molekul-molekul senyawa hidrokarbon yang besar jadi molekul-molekul senyawa hidrokarbon yang kecil. contoh cracking ini yaitu pengolahan minyak solar atau minyak tanah jadi bensin. 
sistem ini terlebih ditujukan untuk memperbaiki kualitas serta dapatkanan fraksi gasolin ( bensin ). kualitas gasolin amat ditentukan oleh karakter anti knock ( ketukan ) yang dinyatakan dalam bilangan oktan. bilangan oktan 100 diberikan pada isooktan ( 2, 2, 4-trimetil pentana ) yang memiliki karakter anti knocking yang istimewa, serta bilangan oktan 0 diberikan pada n-heptana yang memiliki karakter anti knock yang jelek. gasolin yang diuji dapat dibanding dengan campuran isooktana serta n-heptana. bilangan oktan di pengaruhi oleh sebagian susunan molekul hidrokarbon. 


Description
: Cara Pengolahan Minyak Bumi
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Cara Pengolahan Minyak Bumi

0 comments:

Post a Comment