Topics
Ditulis Oleh: - Unknown
Anda sedang membaca artikel tentang CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI, anda diperbolehkan menyebarkan artikel CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI

Posted by Unknown Thursday, September 12, 2013 0 comments
CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI

Ikan jambal roti adalah olahan ikan asin yang berasal dari ikan manyung. Ikan ini dibuat melalui proses fermentasi garam sehingga mengalami perubahan karakteristik yang khas. Mengapa disebut jambal roti karena tekstur dagingnya yang mudah hancur setelah digoreng seperti roti panggang. Olahan ini mempunyai ciri khas antara lain aroma harum yang disebabkan adanya degradasi protein dan lemak yang menghasilkan senyawa metil keton, amona, butilaldehid, amino, dan senyawa anonim lainnya. Asam amino nitrogen yang terkandung sangat tinggi sehingga mempengaruhi cita rasa jambal roti.


Ikan yang sangat terkenal cita rasanya ini bahkan harganya lebih mahal dari harga daging di pasaran. Adapun  cara pengolahan ikan jambal roti pada setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri.
CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI
CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI

Cara pengolahan ikan asin jambal roti sebagai berikut: 
  1. Ikan manyung segar bagian kepalanya dipotong , dibuang isi perutnya, dan dicuci sampai bersih.
  2. Kemudian ditiriskan hingga benar-benar tiris, lalu ditimbang.
  3. Lalu Ikan dicelupkan sebentar dalam larutan gula merah.
  4. Ikan di beri garam dengan cara masukkan garam ke dalam rongga perut ikan. Garam yang digunakan sebanyak 20 % dari berat ikan yang telah dibersihkan isi perut. Kemudian ikan disusun berlapis garam di dalam bak. Bak penggaraman ditutup rapat. Ikan diangkat dari bak penggaraman dan garam dikeluarkan dari rongga perut ikan setelah 3 hari penggaraman.
  5. Kemudian Ikan dibelah memanjang sehingga ikan terbelah dua. Dan bagian daging tebal pada bagian punggung ikan bisa dibelah lagi.
  6. Lalu ikan yang telah terbelah dicuci sampai bersih.
  7. Ikan dijemur selama tiga hari hingga kering. Pada saat dijemur, bisa diolesi dengan larutan bawang putih secara merata.
  8. Ikan yang telah kering selanjutnya disimpan.


Demikian cara pengolahan ikan dengan teknik penggaraman. Garam yang digunakan dalam pengolahan ikan jambal roti adalah garam Kristal dengan kadar normal dan tidak tercampur oleh unsur lain. Pemberian gula selain untuk menigkatkan cita rasa juga untuk mengurangi garam dan juga mengurangi efek pengerasan yang ditimbulkan oleh pemberian garam pada ikan dimana gula tersebut mengurangi jumlah penguapan air pada ikan.

Description
: CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN JAMBAL ROTI

0 comments:

Post a Comment