Topics
Ditulis Oleh: - DEVI D
Anda sedang membaca artikel tentang CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN GABUS, anda diperbolehkan menyebarkan artikel CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN GABUS jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN GABUS

Posted by DEVI D Thursday, September 5, 2013 2 comments

CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN GABUS

            Pada dasarnya hampir semua ikan asin yang mahal, proses pembuatannya biasanya tidak higienis dan bersih. Bahkan sekarang juga termasuk ikan asin murahan seperti layang, japu dan tembang. Namun yang proses pembuatannya masih murni (hanya menggunakan garam) salah satunya adalah ikan gabus. Pada pengolahan ikan asin gabus penggunaan pengawet pun juga tidak bisa dilakukan, Mengapa? karena volume ikan yang digarami, biasanya tidak pernah dalam jumlah banyak sekaligus. Ikan gabus sendiri lazimnya ditangkap di daerah perairan (rawa atau waduk ).

IKAN ASIN GABUS
IKAN ASIN GABUS

            Sebenarnya cara pengolahan ikan asin gabus yang benar dapat anda simak di bawah ini :
Dengan memeram ikan gabus dalam kristal garam. Namun sebelumnya ikan harus dibuang insang serta isi perutnya, kemudian ditata dalam wadah penggaraman.

dalam wadah tersebut (drum plastik), taruh lapisan garam dulu baru kemudian ikan, lalu garam lagi, lalu ikan lagi dan seterusnya. Pada bagian bawah wadah diberi lubang untuk mengalirkan cairan ikan. Proses penggaraman ini bisa berlangsung sampai 2 hari bahkan lebih.

Selanjutnya cairan yang sebelumnya mengisi jaringan daging ikan, maka akan tergantikan oleh garam. Dan cairan ikan yang dikeluarkan garam itu akan menetes melalui lubang di bagian bawah wadah.

Setelah cairan tidak menetes, harus harus dikontrol. Dilihat apakah garamnya masih ada atau sudah habis. Bila masih ada, maka seluruh cairan ikan sudah terkeluarkan. Namun kalau garamnya habis, kemungkinan cairan ikan masih tersisa dan belum seluruhnya terserap oleh garam. Oleh karena itu, tumpukan ikan harus dibongkar dan diberi garam lagi seperti semula.

Selanjutnya proses penjemuran. Penjemuran ikan dalam proses pembuatan ikan asin gabus, bukan dimaksudkan untuk "menguapkan" seluruh air, namun hanya sekadar untuk lebih mengeringkan permukaan ikan gabus saja. Jadi, Hal utama pembuatan ikan asin gabus bukan terletak pada penjemuran, namun pada penggaramannya.

            Demikian proses pengolahan ikan gabus. Namun kekeliruan yang sering ditanyakan oleh produsen maupun konsumen ikan asin gabus, biasanya mereka menanyakan apakah ada ikan asin yang "tidak terlalu asin" atau malahan yang tawar. Memang ada tapi berupa ikan yang tipis-tipis (misalnya belis) atau ikan besar (misalnya pari) yang disayat tipis-tipis. Kalau ikan itu cukup tebal seperti gabus, maka harus digarami sampai benar-benar merata.


Description
: CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN GABUS
Rating
: 4.5
Reviewer
: DEVI D
ItemReviewed
: CARA PENGOLAHAN IKAN ASIN GABUS

2 comments:

DENI DWI YUDHISTIRA said...

Informasi yang bermanfaat,Terima kasih.
http://deni_yudhistira.student.ipb.ac.id

FajarDwiMaarif.com said...

:3

Post a Comment