Topics
Ditulis Oleh: - DEVI D
Anda sedang membaca artikel tentang CARA PENGOLAHAN KERUPUK, anda diperbolehkan menyebarkan artikel CARA PENGOLAHAN KERUPUK jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

CARA PENGOLAHAN KERUPUK

Posted by DEVI D Sunday, July 14, 2013 2 comments

CARA PENGOLAHAN KERUPUK


Kali ini saya akan menjelaskan cara pengolahan kerupuk yang biasa kita makan sebagai teman makan kita.  Seperti yang kita ketahui, kerupuk dengan warna putih yang kerap kita jumpai itu dibuat menggunakan tepung tapioka. Bagaimana pengolahannya?oke..langsung saja saya jelaskan cara pengolahannya:

Cara membuat Kerupuk Bawang
CARA PENGOLAHAN KERUPUK


  • Dalam pembuatan kerupuk dimulai dari pengadonan bahan yang dibutuhkan, seperti tepung tapioka atau acisample ini dicampurkan dengan bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam, minyak ikan,terasi putih,dan pewarna makanan.

Saat ini proses pencampuran sudah menggunakan mesin pengaduk, sehingga lebih menghemat tenaga, dan mesin pengaduk juga bisa membuat adonan tercampur lebih rata. Biasanya pengadonan ini memakan waktu sekitar 30 menit.

  • kemudian adonan ditempatkan pada mesin press. Supaya mesin dapat bekerja dengan baik adonan harus ditempatkan tepat pada tabung press , dengan mesin yang menggunakan sistem hidrolik ini akan menekan dan membentuk adonan jadi manjang. Lalu adonan ini akan mengucur dari keran-keran khusus karena bentuknya yang mirip dengan cacing, sehingga adonan memanjang ini juga sering disebut cacingan. Selanjutnya dari cacingan inilah kerupuk dibentuk dengan terampil para pekerja mengubah cacingan menjadi kerupuk, untuk proses ini harus dilakukan dengan cepat.



  • Lalu kerupuk mentah tersebut kita kukus. Tiap wadah kukus biasanya dapat memuat sekitar 25 , kerupuk mentah kemudian dikukus menggunakan kukusan atau langseng besar. 

  • Pengukusan berlangsung tak lama hanya 10 menit saja jika suhu pengukusan sudah mencapai 100 derajat itu tandanya kerupuk mentah telah matang.

  • Kerupuk mentah yang telah matang kemudian disusun pada wadah penjemuran yang disebut "eplek" yang mampu menampung sekitar 200 hingga 300 babangi.

  • Kemudian lakukan penjemuran di bawah sinar matahari. Karena selain untuk mengurangi kadar air penjemuran ini juga akan membuat awet ,  selain itu tanpa dijemur kerupuk tidak akan mengembang dengan sempurna saat digoreng. Biasanya penjemuran berlangsung selama dua hari hingga kerupuk benar-benar kering.

  • Sebelum digoreng kerupuk yang telah kering harus digarang dulu selama kurang lebih satu jam penggarangan ini berfungsi untuk menghangatkan kerupuk tadi.
  • Kerupuk siap untuk digoreng, namun menggoreng kerupuk pun ada caranya tak bisa sembarangan, kerupuk mentah memang harus dipanaskan perlahan, jika langsung digoreng dalam minyak panas maka kerupuk malah tak dapat mengembang.


Itulah cara pengolahan kerupuk yang biasa kita makan, ternyata untuk membuat kerupuk tidak serumit yang kita bayangkan bukan?.
Description
: CARA PENGOLAHAN KERUPUK
Rating
: 4.5
Reviewer
: DEVI D
ItemReviewed
: CARA PENGOLAHAN KERUPUK

2 comments:

jaten pos said...

informasi yang sangat membantu bagi pemula usaha, terimakasih informasinya

mantap resep said...

TIPSNYA MENARIK GAN, KALAU TIPS UNTUK MEMBUAT KERUPUK DENGAN CARA TRADISIONAL GAN, GIMANA CARANYA??

Post a Comment