Topics
Ditulis Oleh: - DEVI D
Anda sedang membaca artikel tentang cara pembuatan pupuk kompos , anda diperbolehkan menyebarkan artikel cara pembuatan pupuk kompos jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

cara pembuatan pupuk kompos

Posted by DEVI D Thursday, May 18, 2017 2 comments
Sebelum membahas tentang cara pembuatan pupuk kompos ada baik kita mengerti apa yang di masud dengan kompos itu sendiri,Kompos adalah pupuk yang dibuat dari hasil penguraian aneka bahan sampah organik, proses terbentuknya kompos dari bahan-bahan organik dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang hangat , lembab, aerobik atau anaerobik. Kompos yang memenuhi syarat C/N rasio, kadar air dan nutrisi tertentu, dikatagorikan kedalam pupuk ,organik.

Pengomposan adalah proses yang mengunakan bahan organik mengalami penguraian secara biologis, khususnya oleh mikroba-mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagai sumber energi. Membuat kompos merupakan tentang bagaimana mengatur dan mengontrol proses alami tersebut agar kompos dapat terbentuk dengan cepat. Proses ini meliputi  membuat campuran bahan yang seimbang, pemberian air yang cukup, pengaturan aerasi, dan penambahan aktivator.

Proses pembuatan pupuk kompos :
Bahan-bahan sampah sayuran tapai gula pasir gula merah air sumur dan air cucian beras Alat ember ukuran 25 liter sebanyak 9 buah karung beras ukuran 20 kg botol air mineral 1500 ml beaker glass 1000 ml gelas ukur 10 ml pH meter timbangan kompor dan panci

cara pembuatan pupuk kompos
cara pembuatan pupuk kompos


Pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL)

Mikroorganisme Lokal (MOL) yang di buat bahan alami seperti tapai dibuat dengan mencampurkan tapai yang terbuat dari singkong sebanyak 100 gram dengan 1,125 liter air sumur serta 150 gram gula pasir. Campuran tersebut dimasukkan dalam botol, kemudian diaduk hingga merata dan disimpan selama 5 hari tanpa perlu  ditutup. Setelah 5 hari, kemudian  jika dicium telah berbau wangi alkohol, maka MOL telah dapat digunakan.

Pembuatan Cairan Molase

Cairan molase dibuat dengan cara memasukkan air sebanyak 500 ml ke dalam panci dan diletakkan di atas kompor. Lalu Air dipanaskan. kemudian Setelah air mendidih,persiapkan, gula merah untuk dimasukkan ke dalam panci sebanyak 500 gram, diaduk hingga terlarut merata dalam air, kemudian didinginkan.

Proses Pengomposan

Sampah sayuran dirajang dengan ukuran 1-3 cm. Sampah yang telah dirajang kemudian dimasukkan ke dalam karung 20 kg sebanyak 2,5 kg dan ditekan sampai padat. Karung diikat dengan tali. Kemudian Larutan media yang sudag dibuat dengan cara mencampurkan air sumur 1 liter, cairan molase 500 ml, air bekas cucian beras (air tajin) 1 liter, dan larutan MOL dengan dosis D1, D2, D3, lalu dimasukkan ke dalam ember. Karung yang berisi sampah sayuran dimasukkan ke dalam larutan media sampai terendam. siapakan Beban untuk diletakkan di atas karung agar karung tidak mengapung.

Ember ditutup rapat dengan plastik dengan cara mengikat erat dengan tali pada bagian atas ember. Lalu disimpan di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Disimpan selama perlakuan P1, P2, P3. Setelah fermentasi selesai, tutup ember dibuka dan karung dikeluarkan dari ember. Kompos cair siap untuk dianalisis. Demikianlah cara pembuatan pupuk kompos
Description
: cara pembuatan pupuk kompos
Rating
: 4.5
Reviewer
: DEVI D
ItemReviewed
: cara pembuatan pupuk kompos

2 comments:

john said...

great mastemplate
thank you for this template

قالب وردپرس said...

great
thank you very much

Post a Comment