Topics
Ditulis Oleh: - Unknown
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Pengolahan Cengkeh , anda diperbolehkan menyebarkan artikel Cara Pengolahan Cengkeh jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

Cara Pengolahan Cengkeh

Posted by Unknown Sunday, June 2, 2013 0 comments

Cara Pengolahan Cengkeh 

cengkeh ( eugenia caryophyllus ) yaitu tanaman perkebunan yang bisa meraih ketinggian sampai 20 mtr.. daun mudanya berwarna merah muda terang, lantas beralih jadi hijau kekuningan sesudah tua, serta jadi keras. yang di ambil dari tanaman cengkeh yaitu bunganya, serta bunga cengkeh berkelompok mulai tiga sampai sepuluh tangkai, dimana tiap-tiap tangkai diisi tiga kuntum bunga.

Cara Pengolahan Cengkeh
Cengkeh  PANEN

  • Panen 
saat kaliks ( sisi luar ) dari bunga beralih dari hijau ke merah muda jadi kuning merah muda, serta sebelum saat bunga mekar mengeluarkan benang sari, bunga cengkeh mesti dipanen. grup tangkai bunga mesti dipanen berbarengan menggunakan tangan. perusakan cabang-cabang kecil mesti dihindari untuk melindungi produktifitas tiap-tiap tanaman pada musim panen tahun selanjutnya. 

Cara Pengolahan Cengkeh

Pengeringan Cengkeh  

  • Pengeringan 
bunga-bunga dilepaskan dari tangkainya dengan tangan. satu tangan memegang pangkal tangkai bunga namun tangan yang lain membengkokkan sembari sedikit memuntir hingga bunga terlepas. tangan pekerja serta ruangan area bekerja mesti bersih untuk melindungi kualitas terus baik. bunga serta tangkai dipisahkan, lantas bunga segera dikeringkan, apabila tak lagi berlangsung sistem fermentasi yang bisamenurunkan kualitas cengkeh yang dihasilkan. umumnya pengeringan dikerjakan dengan penjemuran, dengan bunga cengkeh ditempatkan diatas tikar pandan atau diatas rak. pemakaian rak-rak dalam penjemuran tambah baik untuk membuahkan keseragaman dalam warna serta kandungan air. pengerinan umumnya mengonsumsi waktu empat sampai lima hari. di akhir penjemuran, kandungan air cengkeh berkisar pada 8 sampai 10% dengan warna merah coklat. sistem pengeringan yang tidak baik dapat membuahkan cengkeh dengan warna coklat pucat. 

  • Pembersihan 
bunga cengkeh yang sudah kering dibersihkan dari debu serta kotoran halus yang lain lewat cara menghembuskan angin pada cengkeh yang diletakkan didalam keranjang. dapat juga dengan menjatuhkan cengkeh dari ketinggian spesifik di area terbuka hingga angin yang bertiup dapat menerbangkan debu serta kotoran halus yang melekat pada cengkeh. 

Description
: Cara Pengolahan Cengkeh
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Cara Pengolahan Cengkeh

0 comments:

Post a Comment