Topics
Ditulis Oleh: - DEVI D
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Pengolahan Biji Kakao, anda diperbolehkan menyebarkan artikel Cara Pengolahan Biji Kakao jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

Cara Pengolahan Biji Kakao

Posted by DEVI D Thursday, May 30, 2013 0 comments

Cara Pengolahan Biji Kakao

Cara Pengolahan Biji Kakao

siapa yang tidak kenal dengan product makanan serta minuman yang satu ini, coklat. makanan serta minuman yang dihasilkan dari tanaman kakao ini jadi primadona nyaris seluruh golongan umur. jangankan anak-anak, orang dewasapun jadikan makanan serta minuman ini sebagai favorit mereka. 

dengan umum sistem pengolahan biji kakao jadi coklat melewati sebagian bagian sistem. di bawah ini saya dapat sharing info dengan sahabat seluruh bagaimana sistem pengolahan biji kakao jadi coklat. 
sistem ini merupakan bagian umum dalam pengolahan biji kakao jadi coklat. 
  • Biji kakao dibersihkan untuk menghilangkan seluruh bahan yang asing. 
Biji kakao dibersihkan
  • Bji kakao setelah itu dapat dipanggang/disangrai untuk membawa keluar rasa coklat serta warna biji ( roasted ). suhu, waktu serta tingkat kelembapan pada waktu penyangraian ( roasted ) bergantung pada type biji yang dipakai serta type cokelat atau product yang dapat dihasilkan. 
Biji kakao dipanggang
  • Sesuatu mesin penampi ( winnowing machine ) dapat dipakai untuk memisahkan kulit biji serta biji kakao. 
Biji kakao  memisahkan kulit biji

  • Biji kakao lantas dapat alami sistem alkalisasi, umumnya menggunakan kalium karbonat, untuk mengembangkan rasa serta warna. 
Biji kakao  alkalisasi
  • Sesudah di alkalisasi, biji kakao lantas memasuki sistem penggilingan untuk bikin cocoa liquor ( kakao partikel tersuspensi dalam cocoa butter ). suhu serta tingkat penggilingan beragam sesuai dengan type mesin penggilingan yang dipakai serta product yang dapat dihasilkan. 
  • Sesudah biji kakao jadi cocoa liquor, umumnya produsen dapat memberikan bahan pencampur, layaknya kacang untuk menambah citra rasa coklat. biasanya menggunakan kian lebih satu type kacang dalam product mereka, yang digabung berbarengan dengan formula yang diperlukan.
biji kakao jadi cocoa liquor
  • Bagian selanjunya yaitu mengekstrak the cocoa liquor lewat cara dipress/ditekan untuk mendapatkan lemak coklat ( cocoa butter ) serta kakao dengan massa padat yang dimaksud cocoa presscake. persentasi lemak kakao yang dipress sesuai dengan hasrat produsen hingga komposisi lemak coklat ( cocoa butter ) serta cocoa presscake berlainan. 
  • Pengolahan saat ini jadi dua arah yang tidak sama. lemak coklat dapat dipakai dalam pembuatan coklat. sesaat cocoa presscake dapat dihaluskan jadi coklat dalam bentuk bubuk. 
  • Lemak coklat ( cocoa butter ) setelah itu dapat dipakai untuk menghasilkan coklat melewati menambahkan cocoa liquor. beberapa bahan lain layaknya gula, susu, pengemulsi agen serta cocoa butter ditambahkan serta digabung. pembagian bahan dapat tidak sama bergantung pada type cokelat yang dibikin. 
  • Campuran lantas alami sistem pemurnian sampai pasta yang halus terbentuk ( refining ). refining mempunyai tujuan menambah struktur dari coklat. 
  • Sistem setelah itu, conching, untuk mengembangkan selanjutnya rasa serta struktur coklat. conching yaitu sistem menguleni atau smoothing. kecepatan, durasi serta suhu conching dapat merubah rasa. sesuatu alternatif untuk conching yaitu sistem pengemulsi menggunakan mesin yang bekerja layaknya pengocok telur. 
  • Campuran ini lantas melalui pemanasan, pendinginan serta sistem pemanasan kembali. perihal ini menghindar pergantian warna serta lemak coklat dalam product tersebut. perihal ini untuk menghindar pergantian warna serta melelehnya coklat dalam product. 
  • Campuran ini lantas dimasukkan ke dalam cetakan atau dipakai untuk pengisi enrobing serta didinginkan di area pendingin. 
  • Cokelat ini lantas dikemas untuk distribusi ke outlet ritel. 

inilah Cara pengolahan biji kakao jadi coklat dengan umum. semoga berguna.

Description
: Cara Pengolahan Biji Kakao
Rating
: 4.5
Reviewer
: DEVI D
ItemReviewed
: Cara Pengolahan Biji Kakao

0 comments:

Post a Comment