Topics
Ditulis Oleh: - Unknown
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Pengolahan Rumput Laut Yang Benar, anda diperbolehkan menyebarkan artikel Cara Pengolahan Rumput Laut Yang Benar jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

Cara Pengolahan Rumput Laut Yang Benar

Posted by Unknown Thursday, June 13, 2013 2 comments

Cara Pengolahan Rumput Laut Yang Benar


usaha budidaya rumput laut dengan product turunannya sudah banyak dikerjakan di sebagian lokasi pesisir pantai indonesia. kalau usaha ini dikerjakan dengan benar, terhitung didalamnya menggunakan mesin-mesin teknologi pas manfaat, maka industri rumput laut ini punya potensi menambah taraf ekonomi masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di pesisir pantai. rumput laut merupakan penghasil karaginan yang banyak dipakai untuk bahan industri makanan, minuman, farmasi, keramik, tekstil serta kosmetik.pada kali ini akan di bahas bagaimana cara pengolahan rumput laut yang benar

usaha pengolahan rumput laut ini sayangnya tetap dikelola dengan sederhana oleh beberapa masyarakat. mereka tetap memercayakan penjualan rumput laut dalam wujud rumput laut kering. perihal ini berlangsung dikarenakan didalam negeri industri pengolahan rumput laut jadi karaginan atau karaginan semi murni belum banyak berkembang. hingga harga jual rumput laut dari petani rumput laut dipasaran rendah dikarenakan belum ada diversifikasi product. 

di bawah ini yaitu langkah cara pengolahan rumput laut yang benar dikerjakan supaya dapat menambah nilai product rumput laut. 

alkali treatment carrageenan ( atc ) 
sistem pengolahan rumput laut jadi karaginan/ semi refained carrageenan sebenarnya amat sederhana. sistem ini bisa dikerjakan dengan langkah merebus rumput laut ke dalam larutam garam alkali pada suhu 80 – 85⁰ ;c sepanjang 2 – 3 jam. untuk merendam rumput laut type eucheuma spinosum menggunakan alkali naoh, namun untuk type eucheuma cottonii menggunakan alkali koh. sesudah itu rumput laut dinetralkan/ dicuci. sistem perendaman dalam larutan alkali ini mempunyai tujuan untuk menambah titik leleh karaginan diatas suhu pemasaknya hingga tidak larut jadi pasta serta untuk menambah kemampuan gel dari karaginan tersebut. 
semi refined carrageenan ( src ) 

1.sistem produksi src chips 
sesudah melewati sistem perendaman dalam larutan alkali rumput laut type e. cottonii dinetralkan dengan air tawar. setelah itu dipotong dengan ukuran 2 – 4 cm. sesudah berupa chips dilanjutkan dengan sistem pengeringan serta rumput laut siap untuk dikemas. hasil dari cara pengolahan rumput laut yang benar  ini berupa chips kering yang dimaksud dengan alkali treated cottonii ( atc ). 

2. sistem produksi src flour 
sistem src flour merupakan lanjutan product src chips untuk type rumput laut euchuma spinosum. langkahnya hancurkan/ menepung product chips jadi tepung dengan ukuran 40 – 60 mesh, sesuai dengan permintan pasar. product src flour bisa dipakai dalam industri makanan, minuman ( food grade ) ataupun industri yang lain ( non food grade ). spesial untuk src flour food grade sistem pengeringan diharuskan menggunakan mesin pengering untuk menghindar kontaminasi dengan udara terbuka. 

olah rumput laut jadi product karaginan diinginkan nilai jual hasil olahan rumput laut dari petani rumput laut meningkat. meningkatnya nilai jual dapat meningkat juga pendapatan petani rumput laut hingga dapat menambah taraf ekonomi masyarakat pesisir pantai. 
cara pengolahan rumput laut yang benar
cara pengolahan rumput laut yang benar

sebagai produsen mesin-mesin teknologi pas manfaat, anekamesin juga menghasilkan mesin pengolah rumput laut. dimulai dari mesin pencuci rumput laut, mesin peniris, mesin perendam, mesin perajang, mesin pengering sampai mesin penepung. untuk informasi selanjutnya hubungi marketing kami, kami dapat segera merespon keinginan anda.itu sekilas informasi tentnag cara pengolahan rumput laut yang benar
Description
: Cara Pengolahan Rumput Laut Yang Benar
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Cara Pengolahan Rumput Laut Yang Benar

2 comments:

DANIEL ODE NHT said...

Informasi tdk akurat,sebaiknya anda promo mesin yg anda jual dengan spesifikasi dan Harga jual yang jelas, itu sangat bermanfaat. Tks.

Eckie
eckieanglingkusumo@gmail.com

Malvis olshop said...

Gak jelas

Post a Comment