Topics
Ditulis Oleh: - Unknown
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Pengolahan Air Bersih, anda diperbolehkan menyebarkan artikel Cara Pengolahan Air Bersih jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

Cara Pengolahan Air Bersih

Posted by Unknown Tuesday, June 4, 2013 10 comments

Cara Pengolahan Air Bersih

air bersih yaitu keperluan penting dalam kehidupan manusia. dalam sehari-harinya, air bersih dipakai untuk beragam kepentingan, dari minum, mandi, bersihkan, masak serta yang lain. hasil dari kegiatan masyarakat tersebut yaitu air buangan/air limbah. tak hanya dari tempat tinggal tangga, air buangan juga bisa datang dari industri ataupun kotapraja. lantas bagaimana air buangan tersebut diolah jadi air bersih ? 
Cara Pengolahan Air Bersih

dengan umum, pengolahan air bersih terdiri dari 3 segi, yaitu pengolahan dengan fisika, kimia serta biologi. pada pengolahan dengan fisika, umumnya dikerjakan dengan mekanis, tanpa ada menambahkan bahan kimia. contohnya yaitu pengendapan, filtrasi, adsorpsi, dan sebagainya. pada pengolahan dengan kimiawi, ada menambahkan bahan kimia, layaknya klor, tawas, dan sebagainya, umumnya bahan ini dipakai untuk menyisihkan logam-logam berat yang terdapat dalam air. namun pada pengolahan dengan biologis, umumnya memakai mikroorganisme sebagai media pengolahnya. 


pdam ( perusahaan dagang air minum ), bumn yang terkait dengan usaha sediakan air bersih untuk masyarakat, umumnya lakukan pengolahan air bersih dengan fisika serta kimia. dengan umum, skema pengolahan air bersih di daerah-daerah di indonesia yaitu seperti berikut : 

  • Bangunan intake ( bangunan pengumpul air ) 
bangunan intake berperan sebagai bangunan pertama untuk masuknya air dari sumber air. sumber air utamanya di ambil dari air sungai. pada bangunan ini ada bar screen ( penyaring kasar ) yang berperan untuk menyaring benda-benda yang turut tergenang dalam air, contohnya sampah, daun-daun. 
  • Bak prasedimentasi ( optional ) 
bak ini dipakai untuk sumber air yang cii-ciriistik turbiditasnya tinggi ( kekeruhan yang mengakibatkan air berwarna coklat ). memiliki bentuk cuma berbentuk bak sederhana, manfaatnya untuk pengendapan partikel-partikel diskrit serta berat layaknya pasir, dan lain-lain. setelah itu air dipompa ke bangunan utama pengolahan air bersih yaitu wtp. 
  • wtp ( water treatment plant ) 
ini yaitu bangunan pokok dari sistem pengolahan air bersih. bangunan ini bagian-bagian, yaitu koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi serta desinfeksi. 


a. koagulasi 
disinilah sistem kimiawi berlangsung, pada sistem koagulasi ini dikerjakan sistem destabilisasi partikel koloid, dikarenakan pada prinsipnya air sungai atau air kotor umumnya berupa koloid dengan beragam partikel koloid yang terdapat didalamnya. tujuan sistem ini yaitu untuk memisahkan air dengan pengotor yang terlarut didalamnya, analoginya layaknya memisahkan air pada susu kedelai. pada unit ini berlangsung rapid mixing ( pengadukan cepat ) supaya koagulan bisa terlarut merata kurun waktu singkat. bentuk alat pengaduknya bisa beragam, tak hanya rapid mixing, bisa menggunakan hidrolis ( hydrolic jump atau terjunan ) atau mekanis ( menggunakan batang pengaduk ). 

b. flokulasi 
setelah itu air masuk ke unit flokulasi. tujuannya yaitu untuk membentuk serta jadi besar flok ( pengotor yang terendapkan ). disini diperlukan lokasi yang alirannya tenang tetapi terus ada pengadukan lambat ( slow mixing ) agar flok menumpuk. untuk menambah efisiensi, umumnya ditambah dengan senyawa kimia yang dapat mengikat flok-flok tersebut. 

c. sedimentasi 
bangunan ini dipakai untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang telah didestabilisasi oleh unit pada mulanya. unit ini menggunakan prinsip berat type. berat type partikel kolid ( umumnya berbentuk lumpur ) dapat semakin besar dari pada berat type air. pada saat saat ini, unit koagulasi, flokulasi serta sedimentasi sudah ada yang dibikin tergabung yang dimaksud unit aselator. 

d. filtrasi 
sesuai dengan namanya, filtrasi yaitu untuk menyaring dengan media butiran. media butiran ini umumnya terdiri dari antrasit, pasir silica serta kerikil silica dengan ketebalan tidak sama. cara ini dikerjakan dengan metode gravitasi. 

e. desinfeksi 
sesudah bersih dari pengotor, tetap ada kemungkinan ada kuman serta bakteri yang hidup, hingga ditambahkanlah senyawa kimia yang bisa mematikan kuman ini, umumnya berbentuk menambahkan chlor, ozonisasi, uv, pemabasan, dan sebagainya sebelum saat masuk ke bangunan setelah itu, yaitu reservoir. 

4. reservoir 
reservoir berperan sebagai area penampungan sesaat air bersih sebelum saat didistribusikan melewati pipa-pipa dengan gravitasi. dikarenakan umumnya distribusi di indonesia menggunakan rencana gravitasi, maka reservoir umumnya ditempatkan di area dengan posisi lebih tinggi dari pada tempat-tempat sebagai tujuan distribusi, dapat di atas bukit atau gunung. 


paduan dari unit-unit pengolahan air ini dimaksud ipa – instalasi pengolahan air. untuk menghemat cost pembangunan, unit intake, wtp serta reservoir bisa dibangun dalam satu lokasi dengan ketinggian yang cukup tinggi, hingga tidak dibutuhkan pumping station dengan kapasitas pompa dorong yang besar untuk menyalurkan air dari wtp ke resevoir. selanjutnya, dari reservoir, air bersih siap untuk didistribusikan melewati pipa-pipa dengan beragam ukuran ke setiap tempat distribusi. 


saat ini ini, perubahan metode pengolahan air bersih sudah banyak berkembang, salah satunya yaitu sistem saringan.dengan sistem konvensional yaitu arah aliran airnya dari bawah ke atas ( up flow ), tidak menggunakan bahan kimia serta cost operasinya yang lebih murah. pada akhir tahun lantas lalu, pusat penelitian fisika lipi sudah sukses menciptakan alat untuk memproses air kotor jadi air bersih yang layak diminum, sistem ini dirancang supaya gampang dibawa serta bisa dioperasikan tanpa membutuhkan sumber listrik.

Description
: Cara Pengolahan Air Bersih
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Cara Pengolahan Air Bersih

10 comments:

Unknown said...

Nice post! Artikel yang bagus dan sangat bermanfaat pastinya. Terimakasih sudah berbagi ilmu :) visit here

pengolahan air bersih said...

Informatif sekali artikel tentang cara pengolahan air bersihnya.. saya search di google ada di halaman pertama blog ini :)

berkunjung juga ke blog kami: Enerba Teknologi , kami merupakan sebuah perusahan yang mendedikasikan diri untuk berperan dalam memberikan solusi dalam permasalahan energi dan air.

PT. Enerba Teknologi adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang membangun sistem peralatan konversi energi, produksi dan penghemat energi serta sIstem peralatan penyediaan air bersih dan pengolah limbah, desalinasi, Reserve Osmosis (RO), SWRO.

Wahana Filtertech said...

WAHANA FILTERTECH menghadirkan layanan komprehensif dalam bidang pengolahan air dan limbah dengan dukungan tenaga profesional dan berpengalaman dalam bidangnya

Toilet portable said...

Pengolahan air bersih secara bijak merupakan langkah untuk meminimalisir dampak negatif dari penggunaan air itu sendiri.

Obat Sirosis Hati Alami said...

terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

PT Tirtapure Envirotek said...

PT Tirtapure Envirotek adalah perusahaan kontraktor dan penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan pengolahan air limbah. Dengan dukungan tenaga ahli serta berpengalaman dalam bidang water treatment, PT Tirtapure Envirotek mampu memberikan pelayanan perencanaan, pengadaan dan instalasi Water Treatment Plant (WTP) ataupun Waste Water Treatment Plant (WWTP)

PT Purione Megatama said...

PT Purione Megatama mengembangkan usahanya sebagai perusahaan yang memberikan solusi komprehensif pada bidang pengolahan air bersih dan air minum

PT Deltapuro Indonesia said...

PT Deltapuro Indonesia is a company engaged in the contracting and provider of water treatment equipment and water treatment plant for a variety of needs, both for commercial and industrial

Tommy said...

PAC atau Poly Aluminium Chloride adalah salah senyawa yang berfungsi sebagai koagulan.

Bentuknya berupa serbuk/powder yang aman dan mudah larut di dalam air, yang digunakan pada proses penjernihan air.

Pada pengolahan air, tujuan proses koagulasi adalah untuk memisahkan kontamin seperti kandungan berbentuk padat/solid yang sulit di pisahkan dengan proses Filtrasi.

Tidak membuat air menjadi keruh ketika pemakaian berlebihan.

Kami menyediakan PAC produk :
- ex Germany 25kg/sak
- ex Japan 20kg/sak
- ex China 25kg/sak
- dan lokal (Pacinesia) 25kg/sak

Kami juga menyediakan bahan kimia umum lain untuk industri.

Bersedia mengirim untuk seluruh wilayah di Indonesia.
Untuk informasi bisa menghubungi
Tommy.k(081310849918)

TERIMA KASIH

Tommy said...

PAC atau Poly Aluminium Chloride adalah salah senyawa yang berfungsi sebagai koagulan.

Bentuknya berupa serbuk/powder yang aman dan mudah larut di dalam air, yang digunakan pada proses penjernihan air.

Pada pengolahan air, tujuan proses koagulasi adalah untuk memisahkan kontamin seperti kandungan berbentuk padat/solid yang sulit di pisahkan dengan proses Filtrasi.

Tidak membuat air menjadi keruh ketika pemakaian berlebihan.

Kami menyediakan PAC produk :
- ex Germany 25kg/sak
- ex Japan 20kg/sak
- ex China 25kg/sak
- dan lokal (Pacinesia) 25kg/sak

Kami juga menyediakan bahan kimia umum lain untuk industri.

Bersedia mengirim untuk seluruh wilayah di Indonesia.
Untuk informasi bisa menghubungi
Tommy.k(081310849918)

TERIMA KASIH

Post a Comment